Menjadi seorang mahasiswa artinya memiliki tanggung jawab yang besar terhadap negara kita, Indonesia. Tanggung jawab tersebut dapat diwujudkan tidak hanya melalui pengambilan suara di pemerintahan, perubahan kebijakan pemerintahan, tetapi juga dapat diwujudkan melalui tindakan langsung yang dapat berguna bagi masyarakat sekitar. Tindakan tersebutlah yang mendasari adanya gerakan-gerakan mahasiswa yang dilaksanakan sesuai dengan keilmuan yang didalami. Sehingga, keilmuan yang dimiliki oleh mahasiswa tidak hanya berguna untuk diri sendiri, namun dapat diimplementasikan kepada orang lain.

GO RIL ACTION atau yang biasa dikenal sebagai GORILA adalah sebuah aksi yang dilakukan oleh para mahasiswa pencinta lingkungan, khususnya mahasiwa Jurusan Rekayasa Infrastruktur Lingkungan Institut Teknologi Bandung (RIL ITB), untuk mengimplementasikan ilmu infrastruktur lingkungan yang berguna untuk mengedukasi masyarakat sekitar. Kegiatan yang dinaungi oleh himpunan Keluarga Mahasiswa Infrastruktur Lingkungan ITB (KMIL ITB) ini bertujuan untuk membagikan ilmu mengenai pentingnya air bersih dan sanitasi dalam beragam cara, yaitu edukasi kepada masyarakat maupun konstruksi sederhana untuk keperluan masyarakat di bidang tersebut. Selain itu, GORILA juga bertujuan untuk memperkenalkan keilmuan Jurusan RIL ITB bagi mahasiswa baru program studi ini dan juga kepada seluruh masyarakat yang mengikuti kegiatan ini.

GORILA di tahun 2018 diprakarsai oleh mahasiswa RIL ITB angkatan 2017 sebagai wujud aksi nyata massa KMIL ITB terhadap air dan sanitasi masyarakat sekitar Jatinangor, Jawa Barat. GORILA 2018 dilaksanakan di SDN Pangsor, Cimanggung, Jawa Barat dengan diikuti oleh sekitar 150 siswa SDN Pangsor dan 40 mahasiswa RIL ITB. Kegiatan utama yang dilaksanakan pada GORILA 2018 adalah edukasi terhadap siswa SDN Pangsor mengenai kehidupan bersih dan saniter dan rekonstruksi terhadap toilet sekolah sehingga dapat terpakai kembali.

Edukasi siswa mengenai kehidupan bersih dan saniter ini meliputi banyak kegiatan bagi siswa SDN Pangsor, salah satunya adalah pemberian edukasi terkait lingkungan. Dari kegiatan tersebut, diharapkan para siswa SDN Pangsor juga tercerdaskan mengenai lingkungan seperti cuci tangan pakai sabun, memilah sampah secara sederhana, dan rutin dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar sekolah. Selain itu, dalam kegiatan edukasi ini juga dilakukan penanaman tumbuhan dalam pot reuse dan menggangtungkan pot tersebut di sekitaran sekolah. Selain menambah asri SDN Pangsor, kegiatan ini juga bertujuan agar para siswa dapat melakukan aksi nyata dalam mencintai lingkungan sekitar.

Kegiatan rekonstruksi toilet sekolah lebih dikhususkan kepada para mahasiswa RIL ITB untuk terlibat langsung dalam pembenahan infrastruktur sanitasi. Dalam kegiatan ini dilakukan pembersihan toilet, instalasi penerangan toilet pembenahan atap dan talang air toilet, serta sistem penyaringan air sederhana terhadap air bersih toilet. Dari kegiatan tersebut, selain mahasiswa dapat mengenal lebih dalam mengenai sistem toilet sederhana, diharapkan pula para siswa serta guru SDN Pangsor nantinya dapat menggunakan toilet kembali dengan lebih bersih dan lebih baik. Tentunya, harapan dari kegiatan GORILA dari KMIL ITB ini, mahasiswa dan masyarakat dapat tercerdaskan dan dapat saling bahu-membahu dalam menuntaskan permasalahan air bersih dan sanitasi di Indonesia ini. Selain itu, diharapkan juga kegiatan GORILA ini dapat menjadi bentuk inisiasi kecil terhadap kegiatan aksi nyata yang dapat dilakukan oleh mahasiswa. Nantinya, akan tercipta GORILA-GORILA dari kelompok ataupun himpunan mahasiswa lainnya di seluruh penjuru Indonesia yang dapat memberikan aksi nyata bagi masyarakat.

oleh: Nico Kartijaya (15717021)

GoRILA 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *